Menjalankan Program Aplikasi Pembayaran Uang Kas


Membuka dan Run Aplikasi

1. Cari aplikasi XAMPP pada PC.


2. Setelah XAMPP terbuka, start MySQL.


3. Buka aplikasi Netbeans dan buka project "UTS_OktavianAji_181011402092_v.1.2" (project anda sendiri).


4. Pada package "AplikasiUangKas", klik kanan pada file MainMenu, lalu klik Run File untuk menjalankan aplikasi.


5. Sehingga muncul tampilan aplikasi sebagai berikut.



Tata Cara Menggunakan Aplikasi

1. Menambahkan data mahasiswa terlebih dahulu. Caranya : Klik Menu Master > Pilih dan Klik Data Mahasiswa.


2. Setelah frame Data Mahasiswa terbuka, tambahkan data seperti gambar di bawah ini atau tambahkan data terserah kalian, lalu klik simpan. Jika proses penyimpanan data berhasil, makan ada notifikasi bahwa data berhasil ditambahkan, dan data akan muncul di dalam table.




3. Setelah data mahasiswa berhasil di tambahkan, tambahkan data pembayaran, dengan cara : Klik pada Menu Master > Klik Data Pembayaran.


4. Setelah muncul frame Data Pembayaran, tambahkan data terserah kalian, namun data pada field nim ini harus menggunakan nim yang berada pada data mahasiswa, lalu klik simpan. Setelah penyimpanan berhasil, maka akan muncul notifikasi berhasil menyimpan data, dan data akan tersimpan pada table.




5. Setelah berhasil menambahkan data mahasiswa dan data pembayarn, kita dapat mencetak data tersebut atau menyimpan data tersebut dalam bentuk pdf. Berikut cara mmenyimpan data mahasiswa : Kembali pada menu utama > klik menu Print > pilih dan klik print data mahasiswa.


6. Lalu muncul windows jaseprview dengan data yang ada di dalam table data mahasiswa. Untuk menyimpan file-nya dalam bentuk pdf, dengan cara :  klik icon save pada pojok kiri atas untuk menyimpan data > Beri nama file-nya > klik save. Setelah berhasil, file akan berada pada direktori sesuai anda menyimpannya.





7. Berikut cara mmenyimpan data pembayaran: Kembali pada menu utama > klik menu Print > pilih dan klik print data pembayaran.


8. Lalu muncul windows jaseprview dengan data yang ada di dalam table data pembayaran. Untuk menyimpan file-nya dalam bentuk pdf, dengan cara :  klik icon save pada pojok kiri atas untuk menyimpan data > Beri nama file-nya > klik save. Setelah berhasil, file akan berada pada direktori sesuai anda menyimpannya.





9. Keluar dari program : klik menu master > pilih dan klik exit.


Selesai.