Apa Itu Ekonomi?

Secara etimologi kata Ekonomi berasal dari yunani yaitu, oikonomos yang berarti pengurus rumah tangga.

Mungkin terdengan aneh, namun kita akan bahas hubungan antara rumah tangga dan ekonomi itu sendiri.

Hal pertama yang harus kita sepakati bahwa sumber daya yang ada di dunia ini adalah terbatas, dan kita sebagai manusia harus dapat mengelola sumber daya tersebut agar dapat terbagi secara merata.

Sebagai contoh di rumah tangga kita sering temui banyak keputusan yang diambil dalam rumah tangga, katakan dalam suatu rumah tangga ini mereka ingin pergi berlibur. Pasti mereka akan menentukan: siapa yang mengendarai mobil? siapa yang menjadi navigasi? siapa yang masak? dan siapa yang menentukan tujuan wisata? Oleh karena itu dalam rumah tangga ini mereka harus mengalokasikan sumber daya yang mereka miliki untuk mengatur atau memenejemen tugas yang ada ketika ingin berlibur.

Sama seperti rumah tangga, di masyarakat banyak terjadi pengambilan keputusan. Ada yang berkebun, ada yang berternak, ada yang membuat baju, ada yang membuat bahan bangunan. Dalam memproduksi ini kita harus mengalokasikan orang-orang ini dalam berbagai macam pekerjaan, dan mengalokasikan hasil produksi barang dan jasa tersebut ke masyarakat, dan di masyarakat juga ditentukan siapa yang akan makan sayuran, siapa yang akan makan daging, dan siapa yang akan membangun rumah.

Oleh karena itu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana kita mengatur sumber daya terbatas ini agar terbagi secara merata dan effisien. Namun dalam mengatur sumber daya ini tidak dengan pemerintahan yang diktator, tetapi oleh kombinasi antara perusahaan dan rumah tangga.